TERJEMAH KITAB TAFSIR YASIN KARYA SYAIKH HAMAMI ZADAH RA (Penjelasan ayat ke 1-5)

Surat Yasin adalah surat makiyyah yang diturunkan sebab perkataan orang kafir yang mengatakan Nabi Muhammad itu hanyalah anak yatimnya Abu Tholib. Dia tidak pernah pergi ke tempat mencari ilmu, dia juga tidak pernah belajar kepada seorang guru. Lalu bagaimana dia menjadi seorang nabi? Maka orang kafir tetap dalam keingkarannya dan Allah SWT menolak anggapan mereka. Kemudian Allah SWT menurunkan surat ini sebagai kesaksian Allah Yang Maha Agung atas kerasulan dan kenabian beliau. Allah SWT berfirman, “Ya Muhammad, Sesungguhnya keingkaran orang kafir terhadap risalahmu, janganlah menjadikan kamu bersedih. Aku bersaksi bahwa kamu adalah golongan dari para Rasul.”

Ketahuilah bahwa sesungguhnya surat Yasin adalah “hatinya Al-Qur’an”. Seperti sabda Rasul “Sesungguhnya setiap sesuatu memiliki hati dan hatinya Al-quran adalah Yasin. Dan barang siapa membacanya maka Allah SWT akan menetapkan pahala baginya seperti membaca Al-quran 10kali.” Rasul juga bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT telah membaca surat Yasin dan Thoha sebelum Allah SWT menciptakan langit dan bumi selama 1000tahun.

Maka ketika para malaikat mendengar mereka berkata, “Sungguh beruntung umat Muhammad, telah turun kepada   mereka dua surat ini, beruntunglah orang yang mengamalkannya dan beruntunglah lisan yang membacanya.” Rasul juga bersabda, “Ahli surga tidak membaca Al-quran kecuali hanya surat Thoha, Yasin dan Ar rohman. Rasul juga bersabda, “Setiap muslim atau muslimah yang dibacakan kepada mereka surat Yasin sedangkan mereka sedang sakaratul maut, maka turunlah kepada mereka dari setiap hurufnya 10 malaikat yang berdiri di hadapan mereka yang berbaris untuk mensholati, memohonkan ampun untuk mereka, menjadi saksi ketika mereka dimandikan dan mengikuti serta mengantarkan jenazah mereka.

Bahkan masih banyak keutamaan surat Yasin seperti sabda Rasul, “ Perbanyaklah membaca Yasin karena didalamnya ada keistimewaan yang banyak.” Diantara keistimewaan itu menurut para ulama adalah apabila surat Yasin dibaca dengan penuh keimanan dan keyakinan maka orang yang lapar bisa menjadi kenyang, orang yang ketakutan akan menjadi tenang, orang yang fakir dipermudah melunasi hutangnya, orang yang punya hajat akan tercapai hajatnya, orang yang membaca di waktu subuh akan dijamin aman sampai petang dan apabila di suatu negara sedang dilanda wabah maka akan diangkat wabah itu seperti kelaparan, busung, virus dan berbagai penyakit. Barang siapa yang membaca di waktu malam maka akan dijamin aman sampai pagi. Dan ketika surat Yasin dibacakan kepada mayit maka akan diringankan siksanya apabila mayit sedang disiksa, apabila sedang tidak disiksa maka bacaan surat Yasin akan menambah kesenangan dan kenikmatan ahli kubur, karena sesungguhnya kubur itu adalah taman surga atau bisa menjadi jurangnya neraka.

Disebutkan oleh para ulama bahwa maksud dari Yasin adalah “Ya pemimpinnya para Rasul” atau Yasin adalah salahsatu nama dari Al-quran atau Yasin adalah salahsatu dari Asma Allah. Disebutkan dalam tafsir “Al istiro” bahwa Allah memiliki 4000 nama, dimana 1000 nama tidak ada yang tahu selain Allah, 1000 nama tidak ada yang tahu selain para malaikat, 1000 nama di Lauhul Mahfud, 300 nama di kitab Taurot, 300 nama di kitab Injil, 300 nama di kitab Zabur dan 100 nama di Al-quran. Adapun 99 nama dari 100 nama tersebut tampak jelas sedangkan yang satunya adalah rahasia. Itulah Al Ismu Al A’zhom (Asma yang paling agung) yang tidak mengetahuinya kecuali para Nabi dan Rasul.

Makna dari lafadz Shirot Al Mustaqim adalah agama islam. Maksudnya adalah Allah SWT berfirman, “Ya Muhammad, sesungguhnya engkau golongan para Rasul dan agamamu adalah agama yang benar yaitu islam sedangkan agama orang kafir itu salah.”

Ayat di atas maksudnya, adalah bahwa Al Qur’an diturunkan kepada mu (Muhammad SAW) melalui perantara Jibril AS, dari Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang. Maka bacakanlah ya Muhammad Al Qur’an ini kepada orang yang ingkar. sehingga mereka mendengar perkataan Ku, sehingga mereka takut dan tunduk kepada Ku.

    Leave Your Comment Here