ARTI PENTING UUD NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945 BAGI BANGSA DAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA

PPKN 7 – BAB 3 SUBAB B

B. Arti Penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi Bangsa dan Negara Republik Indonesia.

Setiap bangsa yang merdeka membentuk suatu pola kehidupan yang dinamakan negara. Pola ini dalam bernegara perlu diatur dalam suatu naskah berupa aturan hukum tertinggi dalam kehidupan Negara Republik Indonesia yang dinamakan dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berisi aturan dasar kehidupan bernegara di indonesia.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 kedudukannya sebagai hukum yang paling tinggi dan fundamental. Hukum yang paling tinggi dan fundamental artinya merupakan sumber legitimasi atau landasan bentuk-bentuk peraturan perundang-undangan di bawahnya. sehingga semua peraturan perundang-undangan yang berlaku di indonesia tidak boleh bertentangan dan harus berpedoman pada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Sebagai warga negara Indonesia kita harus patuh pada UUD 1945 agar tercipta kehidupan yang tertib dan teratur. Sebaliknya jika kita tidak bisa patuh pada UUD 1945, kehidupan kita akan mengarah pada ketidakharmonisan dan berakbat merugikan seluruh rakyat indonesia karena tidak akan terwujud kesejahteraan bahkan mungkin berakibat bubarnya negara republik indoneisa.

Adapun arti penting UUD 1945 dapat dilihat dari Pembukaan UUD 1945 yang memuat beberapa pokok kaidah negara yang fundamental sebagau berikut ini :

  1. Alenia pertama : menjelaskan kemerdekaan pada hakikatnya adalah hak segara bangsa sehingga menolak berbagai bentuk penjajahan.
  2. Alenia kedua menjelaskan bahwa kemerdekaan itu harus diperjuangkan dalam suatu pergerakan sampai ke pintu gerbang kemerdekaan, kemerdekaan bukan tujuan melainkan jembatan untuk menciptakan keadilan dan kemakmuran masyarakat.
  3. Alenia ketiga berisi pernyataan bahwa kemerdekaan indonesia semata hasil perjuangan bangsa, teta[i juga rahmat tuhan yang maha esa.
  4. Alenia keempat menjelaskan cita-cita dan tujuan nasional bangsa indonesia.

Berikut ini sistematika UUD 1945 yang disahkan oleh PPKI pada 18 Agustus 1945 :

  1. Pembukaan terdiri dari 4 alenia
  2. Batang tubuh yang terdiri dari 16 Bab 37 pasal 4 aturan pasal aturan peralihan dan 2 pasal aturan tambahan

Leave Your Comment Here