Organ Reproduksi Pada Perempuan – IPA 9

PEKAN Ke-3

NoNama OrganKeterangan StrukturFungsi
1Vulva dan LabiumAlat reproduksi perempuan yang terletak di luar. Vulva yaitu suatu celah paling luar dari alat reproduksi wanita yang dibatasi oleh sepasang bibir (kanan dan kiri). Kedua bibir ini disebut dengan labium. Ke dalam vulva bermuara dua saluran, yaitu saluran urine dan saluran reproduksi (vagina).Untuk melindungi vagina
2Ovarium/ Indung TelurMerupakan alat reproduksi dalam. Struktur berbentuk seperti telur, berjumlah dua buah, terletak di samping kanan dan kiri rahim (uterus).Menghasilkan sel telur (ovum).
3FolikelKumpulan dari beberapa sel yang terletak di dalam ovarium.Di dalam folikel inilah sel telur atau ovum berkembang. Sel-sel oosit (calon sel telur) berkembang sejak awal kehidupan seorang perempuan dan mencapai kema tangan setelah pubertas. Folikel ini juga menghasilkan hormon perempuan yaitu estrogen dan progesteron.
4Saluran telur (Tuba fallopii/ Oviduk)Berjumlah sepasang, yaitu kanan dan kiri yang memanjang ke arah samping dari uterus. Saluran dengan panjang ±10 cm yang menghubung kan ovarium dengan rahim (uterus).Membawa sel telur dari infundibulum ke rahim. Pada saluran telur inilah terjadi fertilisasi atau pembuahan. Setelah terjadi fertilisasi, saluran telur akan menyalurkan zigot (hasil fertilisasi) menuju uterus atau rahim.
5InfundibulumStruktur yang berbentuk seperti corong dan merupakan ujung dari tuba fallopii.Memudahkan telur masuk dari ovarium ke dalam saluran tuba fallopi atau oviduk.
6Rahim (uterus)Organ yang memiliki dinding yang tebal, memiliki bentuk seperti buah pir yang terbalik. Secara normal, rahim terletak di atas kantong kemih. Pada saat seorang perempuan tidak hamil, rahim memiliki ukuran 5 cm. Pada saat seorang perempuan hamil, rahim  mampu me   ngembang hingga 30 cm, ukurannya menyesuaikan dengan perkembangan bayi.Sebagai tempat berkembangnya janin selama kehamilan.
7EndometriumLapisan yang membatasi rongga rahim dan meluruh saat menstruasi.Memiliki peranan dalam pembentukan plasenta.
8PlasentaBerbentuk seperti piringan datar.Organ yang menyuplai nutrisi yang dibutuhkan bayi selama perkembangannya.
9Serviks (leher Rahim)Struktur rahim bagian bawah yang menyempit dan membuka ke arah vagina.Salur an yang menghubungkan vagina dengan Rahim
10VaginaSaluran yang menghubungkan lingkungan luar dengan rahim, saluran mengalirnya darah menstruasi, dan saluran keluarnya bayi. Vagina tersusun atas otot-otot yang elastis, dilapisi selaput membran, yang disebut selaput dara (himen).Sebagai organ reproduksi, sa luran untuk aliran darah menstruasi dari rahim, dan jalan lahir bayi.
11FimbriaeStruktur berjumbai seperti jari-jemari yang berfungsi menangkap sel telur.Menangkap sel telur yang dilepaskan oleh ovarium.

OOGENESIS

Oogenesis merupakan proses pembentukan sel kelamin perempuan, yaitu sel telur atau ovum dan  terjadi di dalam organ yang disebut ovarium. Berbeda dengan spermatogenesis yang dimulai ketika anak laki-laki mulai masuk masa pubertas, oogenesis di mulai sebelum anak perempuan lahir. Tahukah kamu, pada saat baru lahir, anak perempuan sudah memiliki bakal sel ovum  (sel primordial). Berikut merupakan gambar struktur dari ovarium.

Agar kamu dapat dengan mudah memahami peristiwa oogenesis, perhatikan Gambar berikut!

Daftar Pustaka

Rokhayati, Ida. 2018. Ilmu Pengetahuan Alam/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Edisi Revisi.Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

    Leave Your Comment Here