Organ Reproduksi Pada Laki-Laki – IPA 9

Pekan Ke-2

Tahukah kamu organ-organ yang menyusun sistem reproduksi pada laki-laki? Untuk mengetahui organ-organ yang menyusun sistem reproduksi pada laki-laki coba perhatikan gambar berikut!

Tabel Struktur dan Fungsi Beberapa Organ Reproduksi Laki-Laki

NoNama OrganKeterangan StrukturFungsi
1PenisBagian organ reproduksi luar.Sebagai saluran kencing (urine) dan saluran sperma
2SkrotumBagian seperti kantong yang di dalamnya terdapat testis.Menjaga suhu testis agar sesuai untuk produksi sperma
3TestisBagian yang bentuknya bulat telur yang tersimpan dalam skrotum.Untuk memproduksi sperma
4EpididimisSaluran yang keluar dari testis yang berbentuk seperti tanda koma dengan ukuran ± 4 cm.Sebagai tempat penyimpanan sperma sementara.
5Vas DeferensSaluran panjang yang mengarah ke atas dan merupakan lanjutan dari epididimis.Menghubungkan epididimis dan uretra.
6UretraSaluran yang terdapat dalam penis, merupakan akhir dari saluran reproduksi.Sebagai saluran keluarnya sperma dan urin.
7Kelenjar Vesikula SeminalisBagian yang berbentuk seperti kantong kecil berukuran ± 5 cm yang terletak di belakang kantong kemih.Menghasilkan zat-zat yang diperlukan untuk perkembangan sperma
8Kelenjar ProstatBagian yang berbentuk seperti kue donat yang terletak di bawah kantong kemih.Menghasilkan cairan bersifat asam.
9Kelenjar CowperBagian yang berbentuk seperti kacang yang terletak di bawah kelenjar prostat.Menghasilkan lender dan cairan bersifat basa.

Spermatogenesis

Tanda bahwa sistem reproduksi pada laki-laki telah matang adalah keluarnya cairan mani dari penis. Biasanya, cairan mani tersebut keluar pada saat anak laki-laki mengalami mimpi basah. Mimpi basah pada umumnya terjadi saat berumur antara 10 – 14 tahun. Apakah sebenarnya cairan mani itu? Cairan mani merupakan campuran sel-sel sperma dengan getah-getah yang dikeluarkan oleh kelenjar reproduksi.

Masih ingatkah kamu di mana terjadi proses pembentukan sperma? Proses pembentukan sperma terjadi di dalam testis. Tahukah kamu, bagaimanakah proses pembentukan sperma yang terjadi di dalam testis? Agar kamu dapat memahaminya perhatikan Gambar Potongan Melintang Tubulus Seminiferus  berikut!

Proses pembentukan sperma disebut dengan spermatogenesis. Pembentukan sel sperma terjadi di dalam tubulus seminiferus. Kata ”tubulus” berarti saluran-saluran, sedangkan kata ”seminiferus” berasal dari kata ”semen” yang artinya sperma. Jadi, tubulus seminiferus adalah saluran panjang yang berkelokkelok tempat pembentukan sperma. Kumpulan tubulus inilah sebenarnya struktur yang membentuk testis.

Proses pembentukan sperma pada tubulus seminiferus terjadi secara bertahap. Sel induk sperma atau spermatogonium yang bersifat diploid (2n) mengalami pembelahan secara mitosis membentuk spermatosit primer. Selanjutnya, spermatosit primer mengalami pembelahan meiosis tahap satu (meiosis I) membentuk dua spermatosit sekunder yang bersifat haploid (n). Spermatosit sekunder kemudian mengalami pembelahan meiosis tahap II (meiosis II) membentuk spermatid yang bersifat haploid (n). Akhirnya, spermatid mengalami diferensiasi atau perkembangan sehingga terbentuk empat sel sperma atau spermatozoa yang matang.

Daftar Pustaka

Rokhayati, Ida. 2018. Ilmu Pengetahuan Alam/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Edisi Revisi.Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

    Leave Your Comment Here