Karakteristik Negara Anggota ASEAN #1 – IPS 8

Minggu Ke 3

1. Indonesia

https://www.romadecade.org/peta-indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di Asia Tenggara. Jumlah pulau yang dimiliki oleh Indonesia adalah sebanyak 17.508 pulau. Pulau-pulau utama Indonesia adalah Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Pulau Jawa, Pulau Sulawesi dan Pulau Papua. Sebagai Negara Kepulauan Terbesar di dunia, Indonesia juga merupakan salah satu negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia.

a. Profil Negara

  1. Nama resmi : Republik Indonesia
  2. Ibukota : Jakarta
  3. Pemerintahan : Republik
  4. Kepala Negara : Presiden
  5. Kepala Pemerintahan : Presiden
  6. Bahasa : Indonesia
  7. Mata Uang : Rupiah (IDR)
  8. Hari Kemerdekaan : 17 Agustus 1945
  9. Lagu Kebangsaan: Indonesia Raya
https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-indonesia/

b. Letak, Batas dan Luas

1)    Letak

Letak astronomi negara Indonesia diantara 6º LU – 11º LS dan antara 95º BT – 141º BT.  Secara geografis wilayah Indonesia terletak pada posisi silang antara dua benua yaitu Benua Asia dan Australia, dan dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

2)    Batas

Batas geografis negara Indonesia adalah sebagai berikut :

– Sebelah Utara : Selat Malaka, Malaysia, Singapura, Filipina, Samudera Pasifik

– Sebelah Selatan : Samudera Hindia, Australia, Timor Leste

– Sebelah Timur : Papua Nugini dan Samudera Pasifik

– Sebelah Barat : Samudera Hindia

3)    Luas

Luas wilayah negara daratan Indonesia adalah ± 1.922.570 Km2, sedangkan luas perairan 3.257.483 Km2.

c.  Bentang Alam

Bentang alam wilayah Indonesia secara geologis dibagi menjadi tiga bagian, yaitu wilayah Indonesia bagian barat, wilayah Indonesia bagian tengah dan wilayah Indonesia bagian timur.

1)    Wilayah Indonesia Bagian Barat

Wilayah Indonesia bagian barat meliputi Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan dan pulau-pulau kecil yang ada disekitarnya serta laut-laut dangkal yangmengelilingi pulau-pulau tersebut. Oleh karena itu wilayah Indonesia bagian barat sering disebut Dangkalan Sunda.

2)    Wilayah Indonesia Bagian Tengah

Wilayah Indonesia bagian tengah meliputi Pulau Sulawesi dan Kepulauan Nusa Tenggara. Wilayah ini merupakan wilayah peralihan antara wilayah Indonesia bagian barat dengan wilayah Indonesia bagian timur.

3)    Wilayah Indonesia Bagian Timur

Wilayah Indonesia bagian timur sering disebut wilayah Dangkalan Sahul. Wilayah ini terdiri atas Kepulauan Maluku dan Pulau Papua. Antara wilayah Indonesia bagian tengah dengan Indonesia bagian timur dibatasi oleh garis Weber.

d. Iklim

Indonesia beriklim tropis, hal ini dipengaruhi oleh letaknya yang berada di daerah khatulistiwa. Pada Bulan Oktober – April bertiup angin Muson Barat yang mengakibatkan musim hujan di Indonesia, dan pada bulan April – Oktober bertiup angin Muson Timur yang mengakibatkan musim kemarau. 

e.  Keadaan Penduduk 

Dengan jumlah penduduk : 263.991.379 jiwa (2017) menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia. Sebagian besar penduduknya tinggal di Pulau Jawa dan Sumatera.  Indonesia memiliki banyak suku bangsa, suku bangsa terbesar adalah Suku Jawa (± 45%), Suku Sunda, Suku Madura, dan suku bangsa lainnya.  Sebagain besar penduduknya beragama Islam (85,2%), yang menjadikan Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Agama lain yang berkembang di Indonesia adalah Protestan, Katholik, Hindu, Buddha, dan Konghuchu.

f.   Perekonomian

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, produk domestik bruto (PDB) atau pertumbuhan ekonomi Indonesia selama tahun 2017 mencapai 5,07 persen. Angka ini, menurut BPS, merupakan angka pertumbuhan ekonomi tertinggi sejak tahun 2014 silam.

Iklim tropis dan kondisi tanah yang subur menjadikan Indonesia sebagai yang bercorak agraris.  Hasil pertanian yang utama adalah padi, jagung, buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain pertanian, sektor perkebunan dan kehutanan masih menjadi penunjang utama perekonomian Indonesia.  Sektor pertambangan yang meliputi minyak dan gas bumi, batu bara, bijih besi, bouksit, emas, perak, tembaga, seta timah juga merupakan sumber utama pemasukan negara.

Jenis-jenis industri yang berkembang di Indonesia antara lain: industri tekstil, industri petrokimia, industri makanan, industri pengolahan hasil hutan, industri baja, industri rokok, industri perakitan dan manufaktur lainnya. Ekspor utama adalah minyak dan produk minyak, gas alam, kayu dan produk kayu, produkmakanan, barang tenun, bijih logam, karet, dan teh.  Sedangkan impornya adalah barang elektronik, kendaraan bermotor, bahan kimia, gandum.

g.  Hubungan Luar Negeri

Di hubungan Luar Negeri, Indonesia merupakan negara anggota PBB dan negara anggota lembaga-lembaga yang berada dibawah PBB. Republik Indonesia juga merupakan negara anggota APEC, ASEAN, G-20, ADB, OKI, IORA dan organisasi-organisasi Internasional lainnya. Indonesia adalah salah satu negara pendiri ASEAN.

2.  Singapura

Singapura adalah sebuah negara pulau di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya, 137 kilometer (85 mi) di utara khatulistiwa di Asia Tenggara. Singapura adalah pusat keuangan terdepan keempat di dunia  dan sebuah kota dunia kosmopolitan yang memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Pelabuhan Singapura adalah satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia.

https://peta-hd.com/peta-singapura-di-atlas/
https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-singapura-singapore/

a.  Profil Negara Singapura

  1. Nama Resmi : Republik Singapura
  2. Ibukota : Singapura
  3. Bentuk pemerintahan : Republik
  4. Kepala Negara : Presiden
  5. Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri
  6. Bahasa : Inggris (resmi), Melayu, Mandarin dan Tamil
  7. Mata Uang : Dollar Singapura (SGD)
  8. Hari Kemerdekaan : 9 Agustus 1965 (dari Federasi Malaysia)
  9. Lagu Nasional : Majulah Singapura

b.  Letak, Batas, dan Luas

1)    Letak

       Secara astronomis, Singapura terletak pada 1o11’ LU -.1o27’ LU dan antara 103o39’ BT – 104o5’ BT.

2)    Batas :

  • Sebelah Utara  : Malaysia (dipisahkan dengan Selat Johor)
  • Sebelah Selatan : Indonesia (Kepulauan Riau)
  • Sebelah Timur : Malaysia (berupa ujung Jazirah Malaya)
  • Sebelah Barat : Selat Malaka

3)    Luas

       Singapura adalah negara kepulauan dengan luas 697,1 Km2

c.  Bentang Alam

Singapura merupakan negara kepulauan, pulau yang terbesar ialah Singapura/Tumasik. Pulau-pulau yang lain, yaitu Pulau Tekong, Pulau Ubin, Pulau Sentosa, Pulau Bukom, dan lain-lain.

Keadaan alam Singapura pada umumnya datar dan rendah. Bentang alamnya terbagi atas sebagai berikut.

1)    Bagian timur yang berpasir berupa dataran rendah kira-kira 15 meter di atas permukaan air laut.

2)    Bagian tengah berupa daerah perbukitan dengan puncak tertinggi Bukit Timah (850 m), di wilayah ini terdapat deposit granit, yaitu di Bukit Timah, Bukit Gombok, dan Bukit Panjang.

3)    Bagian barat daya berupa perbukitan dengan lereng agak curam dan terdapat lembah sungai.

d.  Iklim

Mempunyai iklim tropik, iklim muson dan iklim laut.  Udaranya panas, banyak mengandung uap air serta mempunyai musim hujan dan musim kemarau.  Suhu udara rata-rata 25o C.  Curah hujan tertinggi bulan Desember, dan bulan terkering bulan Agustus.

c. Keadaan penduduk

Jumlah penduduk Singapura sekitar 5.708.844 jiwa (tahun 2017). Kepadatan penduduknya  8.034 jiwa/km2. Sebagian besar merupakan keturunan Cina. Sisanya adalah keturunan Melayu, India, Pakistan, Bangladesh, dan Eropa.  Pendapatan perkapita pada tahun 2015 sebesar US $ 81.190.  Angka harapan hidup 83 tahun.

Penduduk Singapura menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Bahasa lain yang digunakan adalah Melayu, Mandarin, dan Tamil. Beberapa agama juga berkembang di Singapura, seperti Kong Hu Chu, Tau, dan Buddha dianut keturunan Cina. Agama lain adalah Islam, Nasrani, dan Hindu.

d.  Perekonomian

Singapura memiliki pendapatan perkapita yang sangat tinggi yaitu sebesar USD. 87.100,- dengan Pendapatan Domestik Bruto nominal (PDB Nominal) sebesar USD. 487,9 miliar. Pendapatan Perkapita tersebut menjadikan Singapura sebagai salah satu negara terkaya di Dunia.

Tulang punggung perekonomian Singapura adalah pengolahan barang impor dan ekspor terutama pada industri manufakturing seperti elektronik, pengolahan minyak bumi, bahan kimia, perkapalan, pengolahan karet dan pengolah makanan.

Selain industri manufakturing, Industri-industri lain yang penting bagi perekonomian Singapura adalah perbaikan kapal, jasa keuangan dan perbankan, pariwisata serta perdagangan entrepot (pelabuhan perlintasan kapal). Pelabuhan Kargo Singapura yang melayani perdagangan entrepot ini merupakan salah satu pelabuhan kargo tersibuk di dunia. Pertumbuhan ekonomi Singapura pada tahun 2016 adalah sekitar 2%.

Perekonomian Singapura sangat pesat pertumbuhannya karena :

  1. Letaknya strategis di persimpangan jalan perdagangan dan pelayaran internsional
  2. Banyaknya barang yang diangkut dari Singapura
  3. Penduduknya suka bekerja keras, tekun, cermat, hemat dan rata-rata tingkat pendidikannya tinggi.

3.    Malaysia

Secara administratif, Malaysia memiliki 13 negara bagian yang terdiri dari 11 negara bagian di Malaysia Barat  (Johor, Kedah, Kelantan, Melaka, Negeri Sembilan, Pahang, Perak, Perlis, Pulau Pinang, Selangor, dan Terengganu), dan  2 negara bagian di Malaysia Timur (Sabah dan Sarawak),

https://www.sejarah-negara.com/599/peta-negara-malaysia-2018/
https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-malaysia/

a.   Profil Negara

  1. Nama resmi : Malaysia
  2. Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional Federal
  3. Kepala Negara : Yang di-Pertuan Agong 
  4. Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri 
  5. Ibukota : Kuala Lumpur
  6. Pusat Pemerintahan : Putra Jaya
  7. Bahasa Resmi : Malaysia
  8. Mata Uang : Ringgit Malaysia
  9. Hari Nasional : 31 Agustus 1957 (dari Inggris)
  10. Lagu Kebangsaan : “Negaraku” (My Country

b.  Letak, Batas, dan Luas

1)    Letak

Secara astronomis terletak pada

  • Malaysia Barat 1ºLU – 7ºLU dan 100ºBT – 104º02‘BT. 
  • Malaysia Timur 1ºLU – 7ºLU dan 109º40‘BT – 119ºBT. 

Secara geografis Negara ini dipisahkan ke dalam dua kawasan yaitu  Malaysia Barat (bagian selatan Semenanjung Malaka) dan Malaysia Timur (Serawak dan Sabah) di Pulau Kalimantan bagian utara.

2)    Batas

Batas wilayah :

  • Sebelah utara : Negara Thailand dan Laut Cina Selatan
  • Sebelah timur : Laut Sulu dan Laut Sulawesi
  • Sebelah selatan : Kalimantan dan Kepulauan Riau
  • Sebelah barat : Selat Malaka dan Pulau Sumatera

3)    Luas

       Luas wilayah ± 329.758 km². 

c.  Bentang Alam

Bentang alam Malaysia barat berupa rangkaian Pegunungan Sirkum Mediteran dengan puncak tertinggi Gunung Tahan (2.187 m). Sedangkan dibagian timur terdapat Gunung Kinabalu (4.187m). Sungai-sungainya antara-lain: Sungai Rajang (560 km), Sungai Pahang (330 km), dan Sungai Perak (274 km).  

d.  Iklim

Iklim di negara Malaysia tidak berbeda jauh dengan iklim yang ada di Indonesia, yaitu iklim tropis, dengan pengaruh angin musim. Rata-rata suhu udara tahunan tinggi sebab pengaruh laut yang mengelilinginya.

e.  Keadaan Penduduk

Jumlah Penduduk :   31.624.264 juta jiwa (2017), kepadatan  penduduk : 93 jiwa /km2, sebagian besar penduduk adalah bangsa Melayu, sisanya adalah keturunan Cina, India, dan Eropa. Penduduk asli Malaysia dapat ditemui di Malaysia bagian timur. Penduduk asli Malaysia terdiri dari suku Iban, Bidayuh, dan Kadaza. Agama yang dianut sebagian besar penduduk Malaysia adalah Islam. Agama tersebut sekaligus menjadi agama resmi

d.  Kegiatan Ekonomi

     Di bidang Perekonomian, Malaysia merupakan negara penghasil Karet dan Minyak Sawit Terbesar di dunia. Pendapatan Domestik Bruto Malaysia berdasarkan Paritas Daya Beli adalah sebesar US$ 863,8 miliar. Sedangkan Pendapatan Perkapita Malaysia adalah sebesar US$ 27.200,-. Komoditas Agrikultur utama yang dihasilkan oleh Malaysia diantaranya adalah Minyak Sawit, Karet, Kakao, Beras dan Kayu. Di Perindustrian, beberapa Industri penting Malaysia diantaranya seperti pengolah minyak sawit dan karet, perminyakan dan gas bumi, farmasi dan produk-produk elektronika.

g.  Hubungan Luar Negeri

Hubungan luar negeri, Malaysia merupakan salah satu negera pendiri ASEAN. Malaysia juga merupakan anggota APEC, PBB dan lembaga-lembaga dibawah PBB lainnya.

4.    Filipina

Filipina adalah sebuah negara kepulauan di Asia Tenggara yang berada di lingkar pasifik barat. Filipina dikuasai oleh Kerajaan Spanyol selama 265 tahun mulai dari tahun 1565 hingga tahun 1821. Namun pada perang Amerika-Spanyol di tahun 1898, Amerika Serikat berhasil menguasai Filipina dan menjadikannya sebagai salah satu negara persemakmuran dibawah Amerika Serikat pada tahun 1934. Pada Perang Dunia kedua, Filipina juga pernah diduduki oleh Jepang. Filipina memperoleh Kemerdekaannya dari Amerika Serikat pada tanggal 4 Juli 1946.

https://www.sejarah-negara.com/1252/provinsi-di-filipina/
https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-filipina-philippines/

a.  Profil Negara Filipina (Philippines)

  1. Nama Lengkap : Republik Filipina (Republic of Philippines)
  2. Nama Lokal : Republika ng Pilipinas
  3. Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil
  4. Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan : Presiden 
  5. Ibukota : Manila
  6. Bahasa Resmi : Filipina/Tagalog, Inggris
  7. Mata Uang : PESO Filipina (PHP)
  8. Hari Nasional : 4 Juli 1946 (Hari Kemerdekaan)
  9. Lagu Kebangsaan : “Lupang Hinirang” (Chosen Land)

b. Letak, Batas, dan Luas

1) Letak

Secara Astronomis, Filipina terletak di antara 5° LU  – 21° LU dan 117°BT -126° BT. 

2) Batas Wilayah :

  • Sebelah utara dan sebelah timur : Samudera Pasifik
  • Sebelah selatan : Laut Sulawesi dan Laut Sulu
  • Sebelah barat : Laut Cina Selatan.

3)  Luas Wilayah

     Luas wilayah negara Filipina ± 300.324 km². 

c.  Bentang Alam

Filipina merupakan Negara Kepulauan dengan ± 7.000 buah pulau, Pulau yang besar adalah Pulau Luzon dan Mindanau. Bentang alam Filipina berupa rangkaian Pegunungan Sirkum Pasifik  dengan puncak tertinggi Gunung Apo (2.940 m). Di sebelah timur terdapat palung laut yang sangat dalam, yaitu Palung Mindanau/Parit Filipina dengan kedalaman 10.830 m. 

d.  Iklim

Filipina memiliki iklim tropis, iklim musim dan iklim laut. Suhu rata-rata 250 C. Disamping itu Filipina dipengaruhi oleh angin pasat timur laut, angin muson, dan angin taifun yang sering menimbulkan bencana.

e.  Keadan Penduduk

Jumlah penduduk Filipina sekitar 104.918.090 jiwa (2017). Penduduk terbesar adalah keturunan campuran bangsa Spanyol dan Melayu, yang disebut Mestizo. Adapun penduduk asli Filipina adalah bangsa negrito. Sebagian besar penduduk Filipina memeluk agama Katolik Roma. Di Pulau Mindanao terdapat suku bangsa Moro yang memeluk agama Islam.

Bahasa yang digunakan penduduk Filipina adalah bahasa Tagalog, Inggris, dan Spanyol. Bahasa Tagalog merupakan bahasa resmi negara.

f.   Perekonomian            

Di bidang perekonomian, Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Filipina berdasarkan Paritas Daya Beli adalah sebesar US$ 801,9 miliar (2016) sedangkan PDB Nominalnya adalah sebesar US$ 311,7 miliar (2015). Pendapatan Perkapita rakyat Filipina adalah US$ 7.700,-. Komoditas Pertanian/agrikultur yang dihasilkan oleh Filipina diantaranya adalah tebu, kelapa, beras, jagung, pisang, mangga, nenas, daging babi, daging sapi dan telur. Sedangkan di perindustrian, beberapa produk yang dihasilkan adalah garmen, produk perakitan elektronik, Farmasi, bahan kimia, Sepatu, bahan makanan, perminyakan dan produk-produk kayu.

g.  Hubungan Luar Negeri

Di hubungan luar negeri, Filipina merupakan anggota PBB dan beberapa lembaga lainnya yang berada di bawah PBB dan juga anggota ASEAN dan APEC. Filipina adalah salah satu negara pendiri ASEAN.

5.  Thailand

Thailand, “Negeri Orang Merdeka”, nama tersebut diberikan karena Thailand memang merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh kekuasaan Barat.

https://www.infoplease.com/atlas/asia/thailand-map
https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-thailand/

 a.  Profil negara Thailand

  1. Nama Lengkap : Kerajaan Thailand (Kingdom of Thailand)
  2. Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional
  3. Kepala Negara : Raja 
  4. Kepala Pemerintahan : Perdanan Menteri 
  5. Ibukota : Bangkok
  6. Bahasa Resmi : Bahasa Thai
  7. Mata Uang : Baht
  8. Hari Nasional : 5 Desember 1927 (Hari Lahir Raja Phumiphon (Bhumibol))
  9. Lagu Kebangsaan : Phleng Chat Thai” (National Anthem of Thailand)

b.  Letak, Batas, dan Luas

1)  Letak

     Secara astronomis terletak pada 6°LU – 21°LU dan 97°BT – 106°BT ,

2)  Batas wilayah:

  • Sebelah utara : Negara Laos dan Myanmar.
  • Sebelah timur : Negara Laos dan Kamboja.
  • Sebelah Selatan : negara Malaysia
  • Sebelah barat : Negara Myanmar dan Laut Andaman.

3)  Luas wilayah ± 513.115 km².

c.  Bentang alam :

Daerah Thailand dapat dibagi menjadi lima wilayah, yaitu sebagai berikut:

1) Wilayah DataranTengah (Central Plain Region) yang merupakan dataran rendah aluvial (dataran subur). Daerah ini dialiri Sungai Chao Phraya.

2) Wilayah Pegunungan (Mountain Region), yang berada di bagian utara dan barat merupakan rangkaian pegunungan sirkum mediteran. Di daerah ini terdapat puncak-puncak yang tinggi yang tertinggi adalah Doi Inthanon (2.595 m). 

3) Wilayah Plato Korat, daerah ini membentang dari bagian utara dan timur kota Nakhon Ratchasima (Korat) sampai di Sungai Mekong.

4) Wilayah Tenggara (South East Region), merupakan daerah sempit di sebelah tenggara dari Central Plain (dataran tengah). 5) Wilayah Jazirah (Peninsular Region), berada di sebelah selatan dari wilayah Thailand. Di wilayah ini  tanah genting, yaitu tanah yang menyempit yang dipait oleh dua laut. Tanah Genting tersebut bernama Tanah Genting Kra

d.  Iklim

Iklim di Thailand adalah tropis muson. Terdapat perbedaan yang jelas antara musim kemarau dan musim penghujan. Musim penghujan berlangsung dari Mei sampai September, sedangkan musim kemarau berlangsung Oktober sampai April.

 e. Keadaan Penduduk

Jumlah penduduk Thailand sekitar 69.037.513 jiwa (2017). Sebagian besar penduduknya berasal dari suku Thai, sehingga Thailand disebut juga Muangthai. Penduduk Thailand menganut agama Buddha. Agama tersebut juga menjadi agama utama, sehingga di Thailand banyak terdapat pagoda (tempat beribadah umat Buddha). Thailand mendapat julukan Negeri Pagoda karena banyak terdapat pagoda di negara tersebut.  

f.  Perekonomian

Di bidang perekonomian, Thailand memiliki pendapatan domestik bruto atau PDB sebesar USD. 1,161 triliun dengan pendapatan perkapitanya sebesar USD. 16.800,-. Infrastruktur Thailand berkembang dengan sangat baik dengan kebijakan-kebijakan pro-investasi sehingga banyak perusahaan yang menanamkan modalnya di negeri gajah putih tersebut. Dua pertiga PDB Thailand adalah berasal dari ekspor komoditas keluar negeri. Produk-produk yang diekspor oleh Thailand diantaranya seperti produk otomotif, produk elektronik, komoditas agrikultur dan produk-produk pengolahan bahan makanan. Pertumbuhan ekonomi Thailand adalah sebesar 3,2% di tahun 2016.

g.  Hubungan Luar Negeri

Di hubungan luar negeri, Thailand adalah salah satu negara pendiri ASEAN bersama dengan Indonesia, Malaysia, Singapura dan Filipina. Kota Bangkok yang merupakan Ibukota Thailand adalah kota dimana organisasi geo-politik dan ekonomi ASEAN ini didirikan. Selain sebagai anggota ASEAN, Thailand juga merupakan anggota PBB dan lembaga-lembaga dibawah PBB serta anggota APEC dan Interpol. Thailand juga dikenal sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh negara-negara Eropa.

Daftar Pustaka

Kurnia,Anwar.2002.IPS TERPADU 1 Kelas VIII SMP.Jakarta Timur:Yudis Tira

Setiawan,Iwan.Dedi.Suciati.dan A.Mushlih.2013.Ilmu Pengetahuan Sosial.Jakarta:Kemdikbud.Edisi Revisi 2016

Tim Penyusun MGMP IPS Temanggung.Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII.Magelang:Inovasi

Leave Your Comment Here