Interaksi antara Negara Asia dan Negara Lainnya – IPS 9

Minggu ke-1

Kompetensi Inti

KI.1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI.2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI.3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI.4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar

KD.3.1. Memahami perubahan keruangan dan interaksi antar ruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusiad alam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik

KD.4.1. Menyajikan telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antar ruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik

A. Letak, Luas, Batas Benua Asia dan Benua Lainnya.

Sebelum kita membahas Benua Asia dan Benua lainnya alangkah baiknya kita mempelajari dulu mengenai pengertian serta sejarah pembentukan Benua dan Samudera. Berikut ini kami sajikan mengenai pengertian Benua serta sejarah pembentukan Benua secara singkat.

Benua adalah hamparan daratan yang sangat luas dan pada bagian tengah bersifat kering karena tidak mendapat pengaruh dari angin laut yang basah dan lembab. Benua dikelilingi oleh samudra / lautan. Sedangkan Pulau adalah daratan yang relatif sempit dan dikelilingi lautan. Samudra adalah hamparan air asin yang mengelilingi daratan  / benua. Laut adalah hamparan air asin yang sempit.

PROSES / SEJARAH TERBENTUKNYA BENUA

Menurut Alfred Wagener, sebelum zaman Carbon (+ – 300 juta tahun yang lalu), semua benua yang ada sekarang ini tergabung menjadi satu yang disebut Benua Pangea. Benua Pangea kemudian terpecah menjadi dua benua, yaitu Benua Laurasia (di bagian utara) dan Benua Gondwana (di bagian selatan). Proses pecahnya benua Pangea ini terjadi sekitar 135 juta tahun lalu.
Selanjutnya Benua Laurasia bagian barat bergerak ke utara menjauhi benua Gondwana yang akhirnya membentuk benua Benua Amerika Utara.  Sedangkan Benua Gondwana di selatan terpecah menjadi beberapa benua, yaitu sebagai berikut. Bagian barat bergeser terus ke arah barat menjadi Benua Amerika Selatan. Bagian timur bergerak ke timur menjadi Benua Afrika. Bagian yang lebih kecil di bagian timur terus bergerak ke arah timur laut dan menjadi India

https://quizlet.com/321931002/layers-of-the-earth-continental-drift-plate-tectonics-diagram/

Bukti adanya pergeseran benua

  1. Lekukan/ bentuk pantai dari Afrika Timur, Amerika Utara dan Amerika Selatan dengan pantai barat Eropa dan Afrika hampir sama.
  2. Daratan tanah hijau ( Pulau Greenland) menjauh dari Eropa kurang lebih 36 cm setiap tahun.
  3. Tanah di Amerika selatan, India, Australia, Antartika, dan Afrika menunjukkkan sifat yang sama.
  4. Pulau Madagaskar dalam pergerakkannya kebarat terhalang oleh Afrika.

Gerakan Pergeseran Benua dapat dibedakan menjadi 3 yaitu :

  1. Gerakan Divergen

Gerakan Divergen merupakan gerakan lempeng tektonik yang saling menjauh dan bergerak secara perlahan. Akibatnya,terjadi retakan-retakan. Retakan-retakan yang terjadi merupakan jalan keluarnya magma yang terus menerus mengalir. Aliran magma tadi lama kelamaaan akan muncul sedikit sampai di permukaan bumi yang dapat menyebabkan timbulnya pulau-pulau vulkanik yang baru. Sedangkan jika terjadi di dasar laut maka ini akan menimbulkan yang disebut dengan Sea Floor Spreading atau hamparan dasar laut

https://muktiarsandi.wordpress.com/2016/05/03/pergerakan-lempeng-dunia/

2. Gerakan Konvergen

Gerakan Konvergen merupakan gerakan lempeng tektonik yang saling mendekat sehingga menimbulkan tabrakan antar lempeng. Jika lempeng samudra menabrak lempeng benua maka sisi lempeng samudra akan melengkung dan masuk kebawah lempeng benua,karena lempeng benua memiliki berat jenis lebih ringan. Proses masuknya sisi lempeng samudra kebawah lempeng benua disebut dengan Penujaman (Subduction)

https://muktiarsandi.wordpress.com/2016/05/03/pergerakan-lempeng-dunia/

3. Gerakan Sesar

Gerakan Sesar adalah gerakan dua lempeng tektonik yang bergeser dan menimbulkan patahn batuan lapisan kulit bumi

http://infoseger.com/penyebab-gempa-bumi-dalam-sains/

Ada berapa Benua dan berapa Samudera yang ada di Dunia ini ? untuk menjawab pertanyaan itu mari kita cermati Peta berikut !

http://margarethabinakusuma.blogspot.com/2013/08/peta-benua-dan-samudera.html

Baik, setelah mengetahui Benua dan Samudera mari kita bahas satu persatu.

  1. Benua Asia

a. Letak dan Luas Benua Asia

Secara astronomis Benua Asia terletak pada  BT –  BT dan   LS –  LU. Secara Geografis Benua Asia terletak diantara Benua Eropa dan Benua Australia, serta diantara tiga Samudra yaitu Samudra Hindia, Samudra Pasifik dan Samudra Arktik. Benua Asia merupakan Benua terluas yakni 44.000.000  atau seperempat luas wilayah daratan dunia atau empat setengah kali luas Benua Eropa.

b. Batas Benua Asia

Batas Utara Batas timur Batas selatan Batas barat: : : :Samudra Arktik Selat Bering dan Samudra Pasifik Samudra Hindia Benua Eropa, pegunungan ural, laut kaspia, laut hitam, selat bosporus, selat dardanela, laut tengah, terusan suez dan laut merah.

c. Bentang Alam dan Iklim.

Benua Asia terbagi menjadi beberapa region yaitu : Asia Barat, Asia Tengah, Asia Timur, Asia selatan, Asia Tenggara dan Rusia.

Berdasarkan iklim matahari Asia beriklim tropis, sub tropis, sedang dan dingin.

Sedangkan secara fisis iklim di di Asia antara lain iklim darat, iklim darat kutub, iklim kering, iklim mediterania dan iklim laut.

2. Benua Amerika

a. Letak dan Luas Benua Amerika

Benua Amerika sering juga disebut sebagai Benua Merah. Sebutan itu didapat karena benua tersebut terdapat Suku Bangsa Indian. Suku Indian tidak berkulit merah sebenarnya kulit mereka terlihatmerah karena suku indian suka melumuri kulit dengan cat berwarna merah Benua Amerika terletak pada 1700 BT–350 BB dan 830 LU–550 LS

b. BatasBenua Amerika ialah

Samudra Arktik diutara, Laut Weddel, Samudra Atlantik,dan Samudra Pasifik di selatan, SamudraAtlantik di timur, serta Samudra Pasifik dibarat.

c. Bentang Alam dan iklim

Benua Amerika merupakan benua terbesar kedua setelah Asia. Luas Benua Amerika mencapai 42.057.100 km2.

Secara geografis, Amerika terbagi atas empat kawasan atau region yakni kawasan Amerika Selatan, Amerika Utara, Amerika Tengah dan Kepulauan Karibia yang terletak di sekitar Amerika bagian tengah. Sejumlah ahli geografi berpendapat bahwa Meksiko masuk ke dalam wilayah Amerika Tengah.

Benua Amerika membentang dari kutub utara sampai kutub selatan sehingga mempunyai iklim yang bervariasi yaitu :

  • Iklim dingin di Alaska dan Kanada bagian utara.
  • Iklim continental di Amerika Serikat bagian timur sampai perbatasan Kanada
  • Iklim kering atau iklim gurun di sebelah barat Amerika Serikat (gurun mojave) dan pantai cili di Amerika selatan (gurun Atacama)
  • Iklim stepa berada disebelah timur.

3. Benua Eropa

Benua Eropa dijuluki sebagai benua biru. Ada dua alasan kenapa disebut benua biru. Pertama, mayoritas penduduk eropa memiliki bola mata berwarna biru. Kedua, Sejak zaman dahulu, banyak kerajaan terkenal berada di benua Eropa sehingga dikenal adanya istilah darah biru (bangsawan).Benua Eropa secara fisik sebenarnya menjadi satu daratan dengan Asia. Keduanya hanya dipisahkan oleh sebuah pegunungan yaitu Pegunungan Ural. Namun, umumnya Eropa dan Asia masing-masing dianggap sebagai benua.Alasannya, kedua benua tersebut memiliki budaya yang berbeda.

Benua Eropa terletak pada 90 BB–600 BT dan 350 LU–800 LU. Jika dilihat letaknya, Benua Eropa berada di luar wilayah tropis. Artinya, iklim di wilayah Benua Eropa adalah subtropis dan sedang. Karena posisinya, Benua Eropa mengalami empat musim, yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin Luas Benua Eropa mencapai 10.355.000 km2.

Secara geografis, Benua Eropa berbatasan dengan Samudra Arktik di utara, Laut Tengah di selatan, Samudra Atlantik di barat, serta Asia di timur. Batas Benua Eropa dengan Benua Asia adalah Pegunungan Ural, Selat Dardanella, dan Laut Kaspia. Eropa terbagi atas empat kawasan atau region yakni kawasan Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Selatan, dan Eropa Utara. Apa yang mendasari pembagian wilayah tersebut? Pembagian wilayah atau region tersebut lebih pada perbedaan kondisi geografis yang mencakup aspek fisik dan budaya. Padasaat ini pewilayahan semacam ini sudah mulai pudar dengan adanya ikatansecara ekonomi dan politik melalui lembaga Uni Eropa (European Union).

4. Benua Afrika

Apa yang kalian ingat tentang Benua Afrika? Kehidupan satwa liar, seperti singa dan gajah? Atau penduduknya yang umumnya memiliki warna kulit yang hitam? Ya, Benua Afrika sering disebut “Benua Hitam” karena mayoritas penduduknya mempunyai kulit berwarna hitam. Sebutan ini awal mulanya digunakan oleh masyarakat Perancis yang dahulu banyak menjajah Benua Afrika.

Afrika terletak pada 170 BB–520 BT dan 350 LU–340 LS. Ini berarti Benua Afrika dilewati garis khatulistiwa, sehingga sebagian wilayahnya beriklim tropis. Karena posisinya lintangnya sebagian besar wilayah ini beriklim tropis kecuali bagian paling utara dan paling selatan. Di kedua wilayah tersebut, iklim mulai memasuki zona subtropis. Keadaan iklim tersebut disebabkan oleh wilayah yang sangat luas dan dipagari plato. Benua Afrika berbatasan dengan Laut Tengah di utara, Samudra Hindia di selatan dan timur, serta Samudra Atlantik di barat. Benua Afrika merupakan benua terbesar ketiga setelah Asia dan Amerika. Luas wilayah Afrika mencapai 30.290.000 km2. Secara geografis, Benua Afrika terbagi atas lima kawasan yaitu Afrika Utara, Afrika Timur, Afrika Barat, Afrika Tengah, dan AfrikaSelatan

5. Benua Australia

Apa yang kalian ketahui tentang Benua Australia? Suku Aborigin? Kangguru? Atau bangunan seperti gedung Opera House? Ya, Benua Australia memiliki ciri khas akan hal-hal tersebut yang dengan mudah kita dapat mengingatnya. Benua yang terletak di sebelah selatan negara kita merupakan benua yang unik karena walaupun terletak di sebelah selatan Asia tetapi

penduduknya sebagian besar adalah penduduk ras kaukasoid yang banyak berasal atau sama dengan penduduk Eropa. Australia terletak pada 1130 BT–1550 BT dan 100 LS–430 LS. Ini berarti ada bagian Australia yang memiliki iklim tropis, yaitu Australia bagian utara yang berdekatan dengan Indonesia. Sebagian wilayah lainnya beriklim subtropis dan sedang. Berikut ini batas-batas geografis wilayah Australia.

  1. Sebelah utara berbatasan dengan  Laut Timor, Laut Arafuru, dan Selat Torres.
  2.  Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, Laut Tasman, dan Laut Coral.
  3. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia.
  4. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia.

Luas wilayah Benua Australia adalah 8.945.000 km2 dengan lebar sekitar 3.200 km dan panjang 3.700 km. Hanya satu negara dalam satu benua merupakan keunikan lainnya dari Benua Australia, sehingga negara Australia memiliki luas wilayah yang sangat besar. Meski demikian sekitar dua pertiga wilayahnya berupa gurun. Australia terdiri atas delapan negara bagian yaitu Australia Utara, Australia Selatan, Australia Barat, Victoria, New South Wales, dan Queensland, Tasmania dan Daerah Khusus Ibukota. New South Wales merupakan negara bagian paling tua dan paling banyak penduduknya. Negara bagian terluas        adalah Australia Barat. Victoria merupakan negara bagian terkecil dan terpadat kedua.


Daftar Pustaka

Kurnia,Anwar.2002.IPS TERPADU 1 Kelas IX SMP.Jakarta Timur:Yudis Tira

Setiawan,Iwan.Dedi.Suciati.dan.A.Mushlih.2013.Ilmu Pengetahuan Sosial.Jakarta:Kemdikbud.Edisi Revisi 2016

Tim Penyusun MGMP IPS Temanggung.Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IX.Magelang:Inovasi

    Leave Your Comment Here