Manusia, Tempat, dan Lingkungan 2 – IPS 7

Kelas 7 – Minggu Ke 2

Letak Lokasi dan Luas Indonesia

Kita sebagai bangsa Indonesia harus bersyukur kepada Allah SWT karena kita memiliki kekayaan yang luar biasa termasuk letak yang strategis dan luasnya wilayah negara. Kestrategisan dapat dilihat dari astronomis, ekonomisnya maupun geografinysa. Karena itulah kita sering mendengar ungkapan bahwa Indonesia merupakan “untaian zamrud kathulistiwa”. Ketika kalian pergi ke suatu kota dan tidak mengetahui lokasi yang akan di tuju apa yang bisa kalian lakukan? Maka dari itu kita perlu mempelajari tentang peta

1.Pemahaman Lokasi Melalui Peta

Coba kalian perhatikan gambar peta di bawah ini !

https://portal.temanggungkab.go.id/info/detail/2/31/peta-kemiringan-lereng.html

Dari pengamatan peta tersebut, apa yang kalian ketahui tentang peta?

a.    Pengertian Peta

       Peta adalah gambaran konvensional dari permukaan bumi yang dilukiskan dengan skala tertentu dan digambarkan pada bidang datar jika dilihat dari atas. Ilmu yang mempelajari tentang peta disebut kartografi, sedangkan orang yang ahli dalam membuat peta disebut kartografer. Lembaga atau badan pembuat peta di Indonesia dikenal dengan nama Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional atau Bakosurtanal, sedangkan lainnya dikenal sebagai Dinas Topografi. Ilmu yang mempelajari peta adalah Kartografi.

b.    Syarat-syarat Peta

Syarat yang harus dimiliki sebuah peta adalah :

  1. Conform.

       Conform adalah bentuk daerah yang digambar peta harus sebangun dengan keadaan sebenarnya di lapangan

2. Equidistance.

       Equidistance adalah jarak di peta dikalikan skalanya harus sama dengan jarak sebenarnya di lapangan

3. Equivalent.

       Equivalent adalah daerah atau bidang yang digambar di peta setelah diperhitungkan dengan skalanya harus sama dengan keadaan sebenarnya.

C.   Komponen/ Unsur Peta 

1)    Judul Peta

       Untuk judul peta mempunyai manfaat untuk menunjukkan isi dari suatu peta. Misalkan saja judul petanya adalah peta pemakaian lahan di Indonesia. Dilihat dari judul peta tersebut maka bisa diketahui bahwa isi dari peta tersebut adalah sebaran pemakaian lahan yang ada di Indonesia yang dapat berupa lahan pertanian, perkebunan, pemukiman, hutan, dan lain sebagainya.

2)    Skala Peta

       Pada skala peta berfungsi untuk menunjukkan perbandingan jarak antara yang ada di dalam peta dengan jarak yang ada di lapangan yaitu jarak yang sesungguhnya. Skala peta ada 2 macam yaitu skala angka dan skala garis/ grafis.

a) Skala angka, yaitu perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di muka bumi.  Misalnya di peta tertulis skala 1 : 100.000, ini dapat dibaca atau berarti bahwa 1 cm di peta mewakili 100.000 Cm atau 1 Km di jarak yang sesungguhnya.

b)Skala garis/ grafis. Adalah merupakan skala peta yang mempunyai bentuk garis dengan menggunakan ukuran tetentu.

http://www.guruips.com/2017/05/skala-peta-jenis-jenis-bentuk-dan-cara.html

3)    Orientasi Utara 

Pada umumnya peta mempunyai orientasi arah utara yang mana orientasi utara tersebut disimbolkan dengan anak panah. Bentuk anak panah tersebut bervariatif bentuknya, sedangkan penempatannya adalah di kolom legenda atau penempatannya pada ruang yang kosong di muka peta.

http://ismiatialabsor.blogspot.com/2018/12/denah-dan-peta-lingkungan-sekitar.html

4)    Simbol Peta

       Pengertian simbol peta adalah merupakan tanda khusus pada suatu peta yang dapat mewakili objek yang dipetakan yang mana dengan simbol tersebut bagi orang yang melihat peta akan mudah dalam memahmi isi dari peta. Macam-macam simbol peta yaitu simbol titik, simbol garis, simbol warna, dan simbol areaa

a)    Simbol titik

Pada simbol titik mempunyai bermacam-macam bentuknya misalnya berbentuk lingkaran, bujur sangkar, segitiga, dan lain sebagainya. Berikut contoh simbol titik :

Buku Inovasi

b)    Simbol garis

Pada simbol garis bisa digambar dalam bermacam bentuk dan juga ukuran ketebalan yang mana ketebalan garis bisa diatur sesuai dengan kaidah-kaidh dari perpetaan. Berikut contoh simbol garis :

Buku Inovasi

c)    Simbol warna

Tidak semua warna bisa dipakai untuk objek-objek tertentu karena ada aturan dalam perpetaan. Sebagai contoh warna perairan (sungai, danau dan laut) menggunakan warna biru, untuk jalan menggunakan warna merah, dan lain sebagainya. Untuk warna ketinggian dan kedalaman dibuat sesuai dengan objeknya yang menggambarkan adanya perubahan secara teratur.

Contohnya :

  •  Warna biru       :    perairan
  •  Warna hijau      :   dataran rendah
  •  Warna kuning   :   dataran tinggi
  •  Warna coklat    :   pegunungan tinggi
  •  Warna putih      :   pegunungan salju, dan lain-lain 

d)    Simbol area

Objek yang digambarkan pada peta umumnya berupa ilustrasi dari objek yang ada di lapangan. Contohnya untuk area persawahan digambarkan berbentuk polygon tertutup yang di dalamnya terdapat adanya symbol tanaman padi.

Buku Inovasi

5)   Garis Koordinat

Merupakan garis khayal yang terdapat pada peta yang berupa koordinat peta yang terdiri atas bentuk garis lintang dan garis bujur. Manfaat dari garis koordinat adalah dapat menunjukkan lokasi pada peta dibanding lokasi lainnya di permukaan bumi serta menunjukkan karakteristik pada suatu tempat atau wilayah.

6)    Insert

Pengertian inset adalah peta kecil yang terdapat dalam suatu peta dalam rangka untuk menunjukkan lokasi daerah yang dipetakan diantara lokasi lainnya yang lebih luas.

 7)   Legenda

Pengertian legenda merupakan keterangan semua objek yang ada pada muka peta. Dengan legenda, pembaca peta akan lebih memahami mengenai objek yang ada pada wilayah yang dipetakan tersebut.

https://ilmugeografi.com/kartografi/peta-geologi/attachment/legenda-peta-geologi

8)    Sumber Peta

Maksud dari sumber peta adalah orang atau lembaga yag membuat peta sehingga dengan mengetahui dan pembuat petanya akan dapat menilai kualitas dari peta tersebut.

9)    Lettering,

Lattering adalah tulisan atau angka untuk mempertegas makna simbol-simbol yang ada pada peta.

10) Garis tepi (border),

Garis Tepi adalah batas tepi peta berfungsi untuk meletakkan garis-garis astronomi beserta derajat-derajat ( garis lintang dan garis bujur)

11)Garis astronomi

Garis astronomis adalah sebidang garis yang terdiri atas garis lintang dan garis bujur yang mewakili ukuran derajad, menit dan detik.  Garis astronomis mencerminkan letak absolut suatu tempat

12)Sumber data dan tahun pembuatan

Sumber data dan tahun pembuatan untuk mengetahui dasar pembuatan dari sebuah peta

Daftar Pustaka

Kurnia,Anwar.2002.IPS TERPADU 1 Kelas VII SMP.Jakarta Timur:Yudis Tira

Setiawan,Iwan.Dedi.Suciati.dan A.Mushlih.2013.Ilmu Pengetahuan Sosial.Jakarta:Kemdikbud.Edisi Revisi 2016

Tim Penyusun MGMP IPS Temanggung.Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII.Magelang:Inovasi

Leave Your Comment Here