Manusia, Tempat, Dan Lingkungan 1 – IPS 7

Kelas 7 – Minggu 1

Kompetensi Inti :

3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar :

3.1  Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi,iklim,bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya  terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan

4.1  Menyajikan hasil telaah konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan

Tujuan Pembelajaran

Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan pengertian konsep ruang
  2. Menjelesaskan pengertian interaksi antarruang
  3. Menyebutkan contoh interaksi keruangan antarwilayah di Indonesia
  4. Menyebutkan contoh interaksi keruangan yang terjadi di wilayahnya
  5. Menjelaskan kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antar ruang

RINGKASAN MATERI

Perhatikanlah gambar berikut ini !

http://www.swadayaonline.com/artikel/653/Sawah-di-Temanggung-Petani-Bisa-Panen-Padi-dan-Ikan/

Dari gambar tersebut apa yang bisa kalian jelaskan?

Ya pastinya kalian berfikiran petani Temanggung menghasilkan padi sedangkan Wonosobo menghasilkan kentang. Dari hasil petani Temanggung dan Wonosobo tersebut maka orang Temanggung untuk memenuhi kebutuhan kentang bisa mendatangkan dari Wonosobo sedangkan orang Wonosobo untuk memenuhi kebutuhan akan padi bisa mendatangkan dari Temanggung. Ilustrasi tersebut merupakan gambaran tentang ruang dan interaksi antarruang dalam kehidupan kita.  Konektivitas antar ruang mencakup seluruh aspek dan bidang kehidupan seperti ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik.  Hal ini terjadi karena manusia selalu memerlukan manusia lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

A.  Pengertian Ruang dan Interaksi Antarruang

Ruang adalah tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang digunakan oleh makhluk hidup untuk tinggal. Ruang mencakupi berbagai hal diantaranya adalah udara, lapisan atmosfer, perairan (laut, sungai, dan danau), di bawah permukaan bumi (air dan tanah), dan batuan sampai pada lapisan tertentu yang menjadi sumber daya bagi kehidupan. Berbagai organisme atau makhluk hidup juga merupakan bagian dari ruang. Batas ruang adalah tempat dan unsur-unsur lainnya yang mempengaruhi kehidupan di permukaan bumi.

Setiap ruang di permukaan bumi memiliki karakteristikyang berbeda antara suatu wilayah dan wilayah lainnya. Tidak ada satu lokasi pun yang karakteristiknya sama persis antara satu dan lainnya.

Perbedaan karakteristik ruang tersebut menyebabkan adanya interaksi antarsatu ruang dengan lainnya, karena setiap ruang membutuhkan ruang lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dari sini terjadilah keterhubungan/konektivitas antara satu ruang dengan ruang lainnya.  Manusia yang tinggal di suatu ruang saling mengenal, saling komunikasi, dan saling memerlukan dengan manusia yang tinggal di ruang lainnya.

Menurut Bintarto (1987) interaksi merupakan suatu proses yang sifatnya timbal balik dan mempunyai pengaruh terhadap tingkah laku, baik melalui kontak langsung atau tidak langsung. Interaksi melalui kontak langsung terjadi ketika seseorang datang ke tempat tujuan. Interaksi tidak langsung terjadi melalui berbagai cara misalnya dengan membaca berita, melihat tayangan di televisi dan lain-lain. Interaksi dalam bentuk pergerakan manusia disebut mobilitas.

Bentuk – bentuk interaksi antar ruang antara lain :

1.    Mobilitas Penduduk, adalah Interaksi dalam bentuk pergerakan atau perpindahan manusia, contohnya emigrasi, imigrasi, transmigrasi, urbanisasi, perjalanan penduduk antar wilayah untuk bekerja atau wisata.

2.    Komunikasi adalah interaksi melalui perpindahan ide atau gagasan dan informasi, contohnya pengiriman informasi baik secara langsung maupun tidak langsung seperti membaca berita, melihat tayangan televisi, internet dan lain-lain.

3.    Transportasi adalah interaksi melalui perpindahan barang atau energi, contohnya pengangkutan barang, perdagangan dan lain-lain.

Ada beberapa kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi keruangan yaitu saling melengkapi (complementarity), kesempatan antara (intervening opportunity) dan keadaan dapat diserahkan/dipindahkan (transferability)

1. Saling Melengkapi (complementarity atau Regional Complementary) Kondisi saling melengkapi terjadi jika ada wilayah-wilayah yang berbeda komoditas yang dihasilkannya. Misalnya, wilayah A merupakan penghasil sayuran, sedangkan wilayah B merupakan penghasil ikan. Wilayah A membutuhkan ikan, sedangkan wilayah B membutuhkan sayuran. Jika masing-masing memiliki kelebihan (surplus), maka wilayah A melakukan interaksi dengan wilayah B melalui aktivitas perdagangan atau jual beli.

2. Kesempatan Antara (Intervening Opportunity) Kesempatan antara merupakan suatu lokasi yang menawarkan alternatif lebih baik sebagai tempat asal maupun tempat tujuan. Jika seseorang akan membeli suatu produk, maka ia akan memperhatikan faktor jarak dan biaya untuk memperoleh produk tersebut. Contohnya, Wilayah A biasanya membeli ikan ke wilayah B, namun kemudian diketahui ada wilayah C yang juga penghasil ikan. Karena Wilayah C jaraknya lebih dekat dan ongkos transportasinya lebih murah, para pembeli ikan dari wilayah A akan beralih membeli ikan ke wilayah C. Akibatnya, interaksi antara wilayah A dengan B melemah.

https://gds2020.com/kondisi-interaksi-antarruang/

3. Kemudahan Transfer (Transfer Ability) Pengangkutan barang atau juga orang memerlukan biaya. Biaya untuk terjadinya interaksi tersebut harus lebih rendah dibandingkan dengan keuntungan yang diperoleh. Jika biaya tersebut terlalu tinggi dibandingkan dengan keuntungannya, maka interaksi antar ruang tidak akan terjadi. Kemudahan transfer dan biaya yang diperlukan juga sangat tergantung pada ketersediaan infrastruktur (sarana dan prasarana) yang menghubungkan daerah asal dan tujuan. Jalan yang rusak dan sulit untuk dicapai akan mengurangi kemungkinan terjadinya interaksi karena biaya untuk mencapainya juga akan lebih mahal. Sebagai contoh, seseorang akan menjual sayuran dari wilayah A ke wilayah B, namun jalan menuju wilayah B mengalami kerusakan, sehingga tidak bisa dilalui. Akibatnya, orang tersebut tidak jadi membeli di wilayah B.

http://smpn1haurgeulis1.blogspot.com/p/a.html

Daftar Pustaka

Kurnia,Anwar.2002.IPS TERPADU 1 Kelas VII SMP.Jakarta Timur:Yudis Tira

Setiawan,Iwan.Dedi.Suciati.dan A.Mushlih.2013.Ilmu Pengetahuan Sosial.Jakarta:Kemdikbud.Edisi Revisi 2016

Tim Penyusun MGMP IPS Temanggung.Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII.Magelang:Inovasi

  • Denista Azalia

    Pengertian ruang dan interaksi antarruang
    Ruang adalah tempat kdipermukaan bumi yang digunakan makhluk hidup untuk tinggal. Berbagai organisme atau makhluk hidup juga merupakan bagian dari ruang.
    Bentuk-bentuk interaksi ruang antara lain:
    1. Mobilitas penduduk
    2. Komuni kasi
    3. Transportasi

  • Alif

    Bagus

  • Revani dewi saputri

    Pengertian ruang dan interaksi antarruang adalah tempat dipermukaaan bumi yang di gunakan mahkluk hidup tinggal. Berbagai organisme atau makhluk hidup juga merupakan bagian dari ruang
    Bentuk bentuk interkasi ruang antara lain :
    1 mobilitas penduduk
    2 komuniskasi
    3 transportasi

  • Mezha luna

    Pengertian ruang dan interaksi antarruang adalah tempat dipermukaan bumi yang di gunakan makhluk hidup untuk tinggal. Berbagai organisme atau makhluk hidup juga merupakan bagian dari ruang
    Bentuk bentuk interaksi ruang antara lain :
    1 Mobilitas penduduk
    2 komunikasi
    3 transportasi

  • Mezha luna

    Pengertian ruang dan interaksi antarruang adalah tempat di permukaan bumi yang digunakan makhluk hidup untuk tinggal.Berbagai organisme atau makhluk hidup juga merupakan bagian dari ruang
    Bentuk bentuk interaksi ruang antara lain:
    1 Mobilitas penduduk
    2 komunikasi
    3 transportasi

  • Kris triyanto

    Mudah di mengerti

Leave Your Comment Here