Konsep Gerak – IPA 8

Pekan ke-1

Bisakah kamu bergerak? Bisakah kamu menggerakkan Bukumu? Lalu, apakah yang dimaksud dengan gerak? gerak adalah perubahan kedudukan suatu benda dari posisi awal.

Suatu benda dikatakan bergerak apabila poisinya berubah dari posisi awal atau titik acuan. Misalnya, kamu meninggalkan rumah menuju sekolah, maka kamu bergerak meninggalkan rumah sebagai titim acuannya (posisi awal) dan bergerak menuju sekolah sebagai posisi akhirnya. Benda dikatakan bergerak ketika benda mengalami perpindahan atau menempuh suatu jarak tertentu. Berdasarkan lintasannya, gerak terbagi menjadi 3 jenis, yaitu gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak melengkung (parabola). Benda yang bergerak pada lintasan lurus disebut gerak lurus. Pada pembahasan kali ini kita akan fokuskan pada gerak lurus.

Dari uraian di atas, kita menemukan istilah jarak dan perpindahan. Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh benda tanpa memperhatikan arahnya. Sedangkan, perpindahan adalah perubahan posisi benda dari titik awal sampai titik akhir. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut!


https://www.pelajaran.co.id/2016/29/pengertian-jarak-dan-perpindahan.html)

Berdasarkan gambar tersebut, maka jarak dan perpindahan yang dilakukan oleh Dita adalah sebagai berikut:

Jarak = panjang lintasan yang ditempuh

= AB+BC+CD

= 100m + 10m + 100m

= 210m

Perpindahan = panjang titik awal sampai titik akhir

= A sampai D

= 10m

Jadi, Jarak yang ditempuh Dita adalah 210m sedangkan perpindahan yang dilakukan Dita adalah 10m.

Beberapa istilah yang akan kita pelajari dalam gerak antara lain: kecepatan, kelajuan dan, percepatan.

  1. Kecepatan

Kecepatan merupakan perubahan perpindahan (posisi) yang ditempuh oleh benda tiap satuan waktu. Kecepatan dapat dirumuskan dengan persamaan sebagai berikut:

  1. Kelajuan

Kelajuan merupakan jarak yang ditempuh tiap satuan waktu. Kelajuan dapat diumuskan dengan persamaan sebagai berikut:

  1. Percepatan

Percepatan merupakan perubahan kecepatan tiap satuan waktu. Percepatan dapat dirumuskan dengan persamaan sebagai berikut:

Percepatan dapat bernilai positif atau negatif. Percepatan bernilai positif apabila kecepatan akhir lebih besar daripada kecepatan awal, misalnya mobil yang mula-mula diam kemudian digas sehingga bergerak dengan kecepatan tertentu. Percepatan bernilai negatif apabila kecepatan akhir lebih kecil daripada kecepatan awal, misalnya mobil yang bergerak kemudian direm.

Untuk lebih jelasnya, akan kita bahas pada Materi Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).

Contoh Soal dan Pembahasan

  1. Danu bergerak dari titik A menuju titik D melalui titik B dan C selama 10 sekon, Lintasan yang dilewati Danu sesuai gambar berikut,

https://www.fisikabc.com/2017/05/jarak-dan-perpindahan.html)

Berdasarkan cerita tersebut, tentukan:

A. Jarak

B. Perpindahan

C. Kecepatan

D. Kelajuan

Penyelesaian :

2. Sebuah mobil mula-mula diam kemudian bergerak sampai kecepatannya mencapai 20 m/s. Waktu yang diperlukan untuk mencapai kecepatan tersebut adalah 20 s. Berapakah percepatan yang dialami mobil tersebut?

Penyelesaian:

Leave Your Comment Here